√ Aplikasi Grab Merchant Tidak Bisa Dibuka? Kenapa & Solusi

Aplikasi Grab Merchant Tidak Bisa Dibuka – Bukan hanya menjadi perusahaan transportasi online. Grab juga merupakan salah satu perusahaan mitra yang cukup banyak membantu dalam pengembangan bisnis UMKM masyarakat Indonesia.

Pasalnya Grab punya satu layanan yang membutuhkan kerjasama dengan para pelaku usaha dibidang makanan. Layanan tersebut adalah Grab Food. Dalam pengembangannya Grab menawarkan kemudahan akses para pemilik warung maupun restoran untuk memasarkan produk mereka dengan Grab Merchant.

Dimana Grab Merchant sendiri merupakan portas berbasis website maupun aplikasi yang didalamnya terdapat berbagai macam menu utama untuk mengelola restoran / toko di Grab Food. Namun yang pasti para pengguna tentu harus sudah melakukan pendaftaran Merchant Grab Food terlebih dahulu.

Agar mereka memiliki akun yang dapat digunakan untuk masuk ke Grab Merchant. Akan tetapi meski dimiliki oleh perusahaan besar sekelas Grab, tidak bisa kita pungkiri ternyata ada saja masalah dapat terjadi ketika ingin menggunakan aplikasi Grab Merchant.

Aplikasi Grab Merchant Tidak Bisa Dibuka

Salah satu di antaranya adalah masalah aplikasi Grab Merchant tidak bisa dibuka. Masalah ini merupakan masalah klasik yang memang bisa saja terjadi pada semua aplikasi apa pun itu. Namun jika hal ini terjadi, lantas apa penyebabnya dan bagaimana solusi atau cara mengatasinya?.

Penyebab Kenapa Aplikasi Grab Merchant Tidak Bisa Dibuka

Bagi para pelaku usaha di Grab Food tentunya mengalami kendala terkait aplikasi Grab Merchant tidak bisa dibuka tentu merupakan sebuah kerugian tersendiri. Pasalnya selain tidak bisa melakukan transaksi apapun.

Baca  Grab Taxi Indonesia 2022 Semua Informasi Yang Wajib Diketahui

Para pemilik juga tidak akan bisa melihat menu apa saja yang masih ada stok dan juga tidak ada stok. Jika hal ini terjadi secara terus menerus. Otomatis akan membuat pendapatan harian akan menurun dan membuat omset bulanan berkurang.

Lantas apa sih sebenarnya hal yang menjadi penyebab utama aplikasi GrabMerchant tidak bisa dibuka atau di akses?

  1. Masalah ini bisa saja terjadi karena kualitas jaringan internet yang digunakan tidak bagus atau kurang stabil.
  2. Grab Merchant yang tidak bisa di akses juga dapat dikarenakan adanya masalah pada sistem operasi yang digunakan karena sudah tak lagi mendukung versi aplikasi.
  3. Kemudian masalah lain yang membuat aplikasi tak bisa dibuka yakni karena adanya tumpukan cache atau sampah di dalam aplikasi karena sudah terlalu lama digunakan.
  4. Kemudian server grab sedang mengalami masalah pun terkadang menjadi faktor utama masalah ini.
  5. Lalu versi aplikasi Grab Merchant yang sudah lama tak diperbarui pun bisa jadi penyebabnya.

Maka dari itu sebelum menggunakan aplikasi ini pastikan beberapa hal yang akan kami bahas di bawah ini kalian lakukan agar dapat mengatasi masalah yang mungkin membuat kalian tidak bisa mendapatkan orderan di hari itu.

Cara Mengatasi Aplikasi Grab Merchant Tidak Bisa Dibuka

Apabila saat ini kalian mengalami masalah serupa, dan membuat kalian tak bisa melakukan berbagai macam aktivitas harian seperti menerima orderan Grab Food atau melakukan penarikan dana ke rekening bank.

Maka kami sarankan untuk kalian menyimak panduan lengkap tentang cara mengatasi aplikasi GrabMerchant tidak bisa dibuka. Namun setidaknya jika masalah yang kalian hadapi justru tidak bisa login atau masuk.

Maka kalian dapat menyimak artikel lain tentang cara ampuh mengatasi Grab Merchant tidak bisa login yang sebelumnya sudah pernah infojek.com bagikan. Dan berikut adalah beberapa tips tentang solusi mengatasi grab merchant tak bisa diakses.

Baca  2 Cara Mengatur Pembatasan Orderan GrabMerchant, Periode & Berulang

1. Periksa Koneksi Internet

Cara pertama dapat digunakan untuk mengatasi masalah aplikasi Grab Merchant tidak bisa dibuka adalah dengan memeriksa koneksi atau jaringan internet yang sedang digunakan. Karena dari beberapa kasus yang ada, koneksi internet baik paket data / WiFi dari ISP yang digunakan bermasalah.

Oleh karena itu, jika kalian menggunakan WiFi dan tak bisa membuka aplikasi, silahkan coba beralih menggunakan koneksi paket data. Namun perlu diperhatikan, sebelum kalian beralih ke koneksi jaringan lain, silahkan force close dulu aplikasi Grab Merchant yang terbuka.

2. Update Aplikasi Grab Merchant

Solusi lain dapat kalian manfaatkan untuk mengatasi masalah tidak bisa di bukanya aplikasi Grab Merchant yaitu dengan memanfaatkan sistem update aplikasi. Yang dimana pada kasus ini tentu kalian harus melihat ada pembaruan / tidak di play store.

Apabila ada, silahkan langsung update aplikasi tersebut ke versi paling baru. Sehingga masalah atau bug yang memang menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka / crash dapat diperbaiki. Oya pastikan pula saat download update gunakan koneksi internet stabil.

3. Hapus Cache & Penyimpanan

Kemudian menghapus file cache dan data aplikasi juga menjadi salah satu solusi terbaik untuk menjadikan aplikasi Grab Merchant yang tidak bisa dibuka kembali dapat digunakan.

Adapun cara hapus cache dan data penyimpanan di HP android sendiri terbilang cukup mudah.

  • Pertama masuk menu pengaturan.
  • Kemudian cari menu Apps / Apl
  • Setelah itu silahkan cari aplikasi Grab Merchant yang telah terinsatal.
  • Sampai disini langsung klik detail info.
  • Kemudian clear cache dan manage space.
  • Tunggu sampai selesai.

4. Restart HP

Solusi paling praktis mengatasi masalah ini yaitu dengan mencoba melakukan restart atau reboot HP android yang digunakan.

Baca  √ Jam Sibuk Grab Food Pagi Siang Malam & Tips Terhindar!

Biasanya dengan menggunakan cara ini apapun aplikasi yang mengalami crash dan tidak bisa di atasi dengan mudah dan aplikasi pun dapat digunakan kembali.

5. Hapus Aplikasi & Install Ulang

Selanjutnya kalian juga dapat mengatasi masalah ini dengan menghapus aplikasi Grab Merchant yang sudah terinstall di HP.

Setelah itu restart HP dan silahkan install ulang kembali aplikasinya langsung dari Play Store. Namun cara ini mengharuskan kalian mengingat data login yang dibutuhkan yah.

6. Update OS HP

Solusi terakhir jika memang semua cara di atas tetap tidak bisa membuat aplikasi terbuka yaitu dengan mencoba melakukan update pada sistem operasi yang digunakan.

Biasanya hal ini menjadi cara terakhir yang mau tidak mau harus kalian lakukan agar aplikasi Grab Merchant dapat dibuka.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya penjelasan lengkap dan detail tentang masalah aplikasi Grab Merchant tidak bisa dibuka mulai dari penyebab dan juga solusi atau cara mengatasinya. Semoga apa yang sudah infojek.com rangkum di atas dapat menjadi referensi menarik bagi kalian yang saat ini sedang mengalaminya.