√ Apa itu JDL Express : Layanan, Kelebihan & Kekurangan

Apa itu JDL Express – Di Indonesia terdapat cukup banyak jasa ekspedisi yang ditawarkan, bahkan setiap marketplace mempunyai jasa kirimnya sendiri. JD ID adalah salah satunya yang memiliki jasa pengiriman JX Express atau J-Express. Seiring berkembangnya perusahaan maka dilakukan rebranding atau perubahan nama menjadi JDL Express.

Secara langsung JDL Express memberikan layanan logistik untuk perseorangan, seller online ataupun pihak corporate sehingga lebih lengkap. Sebelumnya kami sudah membahas apa itu cross docking dimana juga disediakan oleh JDL Express. Karena infrastruktur yang sudah terbangun sebelumnya maka JDL Express memiliki lebih dari 11 gudang utama dan juga lebih dari 250 lokasi drop barang diseluruh Indonesia.

Disamping itu JDL Express juga berada dibawah JD.com sehingga memaksimalnya distribusi barang dari marketplace online. Secara langsung seller bisa mendapatkan keuntungan karena lebih mudah dalam mengirimkan barang keberbagai wilayah diseluruh Indonesia. JDL Express juga sudah cukup berpengalaman karena lebih dari 6 tahun melayani kebutuhan logistik tanah air.

Dengan bendera baru JDL Express akan terus memperluas layanan maupun produknya sehingga mampu bersaing dengan jasa ekspedisi lainnya. Dukungan metode pembayarannya juga semakin lengkap karena memiliki COD (Cash on Delivery) dan juga CSOD (Card Swipe on Delivery).

scarlet
Apa itu JDL Express

Menargetkan sasaran logistik global menjadikan JDL Express semakin menarik minat banyak konsumen untuk menggunakan layanannya. Untuk lebih mengenal apa itu JDL Express, layanan maupun kelebihan dan kekurangannya silahkan simak pembahasan dibawah ini.

Apa itu JDL Express ?

JDL Express adalah jasa penyedia logistik milik PT Jaya Ekspress Transindo yang memiliki huungan dengan JD.ID serta JD Logistics. Sebelumnya nama JDL Express adalah J-Express atau juga disebut JX Indonesia dimana kini dirubah namanya sebagai bentuk komitmen untuk memberikan pelayanan logistik yang terus naik tiap tahunnya.

Baca  6 Cara Cek Ongkir JDL Express & Tarif Pengiriman Barang 2022

Jika dilihat kebelakang PT Jaya Ekspress Transindo sudah hadir sejak tahun 2015 dengan nama J-Express atau JX Indonesia. Selama itu perusahaan ini sudah cukup berpengalaman dalam menangani pengiriman keseluruh wilayah Indonesia. Perbedaan dapat dilihat dari logo lama dan baru JDL Express dimana diperbaharui sehingga tampil berbeda. Meskipun menggunakan warna dasar merah namun font dan tulisannya berbeda dimana tujuannya memang untuk rebranding.

JDL Express

JDL Express secara langsung akan melayani pengiriman dari personal sampai dengan client corporate melalui layanan COD, CSOD, Regular, fulfillment, tailor-made service, kargo, last mile serta cross border last mile. Karena jangkauan yang luas maka semakin memudahkan setiap konsumen mengirimkan barang dengan berbagai ukuran berat ataupun dimensinya.

Layanan Pengiriman JDL Express

JDL-Express akan terus mempertahakankan konsistensi pelayanan serta keamanan sehingga mampu dipercaya sebagai jasa logistik profesional. Oleh karena itu tak heran jika sasaran konsumen sampai ke perusahaan lain ataupun corporate mengingat peluang bisnisnya semakin besar. Secara langsung ekspedisi ini memberikan beberapa jenis pelayanan yang dapat dinikmati oleh pengguna seperti dibawah ini.

1. COD

COD atau Cash On Delivery adalah layanan pengiriman dengan pembayaran menggunakan uang tunai yang dilakukan ketika barang sampai ke alamat pembeli, Barang akan diantarkan secara langsung oleh kurir kealamat penerima sehingga dapat diperiksa terlebih dahulu apakah sudah sesuai dengan pesanan.

Kelebihannya mampu menghindari penipuan karena konsumen dapat melihat barang sebelum membayarnya. Kemudian bisa dipakai untuk yang tidak memiliki rekening ataupun sistem pembayaran online. Konsumen juga dapat lebih percaya karena barang diantarkan sampai kerumah dan bisa dicek.

2. CSOD

CSOD atau Card Swipe on Delivery adalah layanan pengiriman dengan metode pembayaran memakai mesin EDC/Electronic Data Capture dimana barangnya diantarkan kealamat penerima. Kurir atau penjual akan mengirimkan barang langsung kealamat penerima kemudian pembayarannya memakai kartu kredit atau kartu debit dengan gesek ke mesin EDC.

Baca  6 Cara Cek Resi JDL Express 2022 : Tracking & Call Center

Kelebihannya pembayaran lebih aman dan tidak beresiko karena memakai non tunai. Kemudian saat penjual ataupun kurir datang dapat mengecek barangnya langsung kemudian memakai kartu sebagai alat bayarnya. Selain itu bagi yang tidak sempat pergi ke ATM maka CSOD jadi pilihan terbaik.

3. Regular Service

Adalah layanan pengiriman reguler atau standar dimana memakan waktu 2 sampai 3 hari kerja untuk bisa sampai ke lokadi tujuan. Kemudian lama pengirimannya juga akan dipengaruhi oleh jarak antara lokasi pengirim dan penerimanya. Kelebihan utamanya adalah tarif kirim yang terjangkau dan mampu bersaing dengan ekspedisi lainnya.

4. Fulfillment Service

Merupakan jasa pemenuhan pesanan produk dari pelanggan personal, pedagang dan juga corporate. Secara langsung JDL akan menangani penerimaan pesanan sampai pengiriman kealamat tujuan. Pada umumnya fulfillment dibutuhkan untuk pesanan barang dalam jumlah banyak ataupun berukuran lebih besar.

Kelebihan & Kekurangan JDL Express

Dari apa itu layanan yang disediakan pengguna memang dapat memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Kebanyakan memang pelayanan yang diberikan pada situs JD ID dimana menjadi salah satu pilihan jasa kirim. Kelebihannya cocok digunakan untuk pembelian barang dari luar negeri karena jaringan JD.com termasuk luas.

Setelah memahami apa itu JDL Express maka pelanggan juga wajib mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Pada dasarnya tiap jasa logistik pasti memiliki kelemahan dimana dapat jadi pbahan pertimbangan konsumen ketika menggunakannya. Demikian pula dengan kelebihannya dimana dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing masing konsumen.

Kelebihan

  • Memiliki 11 gudang utama, lebih dari 250 lokasi drop paket dan 3000 kurir profesional sehingga memberikan pelayanan terbaik.
  • Biaya COD dan CSOD termasuk terjangkau dan mampu bersaing dengan ekspedisi lainnya.
  • Memiliki pelayanan customer service dengan tim berpengalaman.
  • Gratis layanan pickup barang dimanapun berada.
  • Pencairan dana COD dilakukan tiap hari sehingga menguntungkan seller.
  • Tarif kirim murah sehingga dapat dijangkau semua kalangan.
  • JDL Express tracking bisa dilakukan dengan mudah karena ada sistem website dan aplikasi.
Baca  6 Cara Cek Ongkir JDL Express & Tarif Pengiriman Barang 2022

Kekurangan

  • Belum memiliki pengiriman kilat 1 hari sampai seperti instant, next day ataupun same day. Bisa dikatakan pengirimannya lebih lama dibanding ekspedisi lainnya.
  • Di beberapa kota hanya tersedia lokasi pickup dan tidak tersedia gudang sehingga distribusi memakan waktu lebih lama.
  • Sistem COD dan CSOD hanya dapat digunakan pada kota besar saja.

Kesimpulan

Sesudah mengenal apa itu JDL Express kalian dapat menentukan apakah ekspedisi ini layak menjadi pilihan, terutama ketika berbelanja di JD.ID atau JD.com. Pada dasarnya memang JDL Express merupakan rebranding atau perubahan nama dari JX Express, kemudian untuk pelayanannya serta fasilitasnya tidaklah jauh berbeda.

Dari semua layanannya paling menarik adalah sistem COD dan CSOD dimana pelanggan bisa secara mudah mendapatkan barang dan mengeceknya sebelum membayar. Demikian penjelasan infojek.com, semoga bisa jadi gambaran bagi kalian.

Sumber gambar : jdlexpress.co.id, infojek.com