30 Arti Status Pengiriman TIKI, Istilah & Kode Terlengkap

Arti Status Pengiriman TIKI – Memanfaatkan layanan ekspedisi untuk keperluan pengiriman paket dan barang sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah untuk saat ini. Selain tidak perlu repot-repot mengantarkannya sendiri, dengan menggunakan jasa pengiriman, efisiensi waktu dan juga budget pun semakin di pangkas.

Bahkan kalian bisa dengan mudah memantau status pengiriman tersebut lewat layanan cek resi yang disediakan hampir semua perusahaan ekspedisi. Nah bicara soal jasa pengiriman, mungkin kita semua sudah tahu bahwa di Indonesia ada cukup banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman.

Dari sekian banyaknya tersebut, nama TIKI tentu sudah tidak asing lagi di telinga kalian bukan?. Yah, menjadi salah satu jasa pengiriman paket dan barang yang begitu inovatif. TIKI selalu bisa memberikan pengalaman yang baik kepada para penggunanya, karena selain paket cepat sampai, ongkir yang murah dan juga mudahnya proses cek resi.

Menjadi salah satu keunggulan dari TIKI yang sudah pasti akan bisa kalian dapat saat menggunakannya. Menariknya lagi seperti infojek.com singgung sebelumnya, mudahnya proses cek resi akan memungkinkan pemeriksaan status paket bisa dilakukan dimanapun kalian berada.

Arti Status Pengiriman TIKI dari Istilah Kode

Dalam resi pengiriman tersebut, nantinya kalian akan bisa melihat dengan jelas status terakhir paket yang kalian kirim atau tunggu. Biasanya setiap status pengiriman akan ada istilah / kode yang berbeda-beda arti dan maksudnya. Dan buat kalian yang masih bingung dengan arti status pengiriman TIKI, berikut penjelasan lengkap dan detailnya.

Baca  20 Arti Status Pengiriman J&T Express : Istilah & Kode Gateway

Contoh Resi Pelacakan Kiriman TIKI

Contoh Resi Pengiriman TIKI

Saat paket telah dikirim, nantinya nomor resi pengiriman pun akan bisa didapat. Nomor resi itulah yang akan bisa kalian pakai untuk melacak status terakhir paket yang kalian kirim atau tunggu kedatangannya. Untuk cek resi TIKI sendiri dapat langsung mengunjungi halaman resmi TIKI di alamat https://www.tiki.id/id/tracking.

Kemudian masukkan nomor resi pengiriman yang kalian dapat dan klik lacak, jika data benar maka detail status pengiriman TIKI pun akan terlihat. Dari status tersebut kita akan bisa mengetahui dimana letak terakhir paket kita.

Istilah & Kode Pengiriman TIKI

Istilah Kode Pengiriman TIKI

Dari status kiriman resi yang dapat kalian lihat seperti di atas, bisa diketahui bahwa ada setidaknya beberapa istilah atau kode yang mungkin masih belum kalian pahami. Oleh karena itu, buat yang sering melakukan pengiriman menggunakan TIKI.

Berikut adalah arti istilah atau kode pengiriman TIKI yang bisa kalian pahami.

Istilah / KodeKeterangan
Nomor ConnoteNomor resi atau Airway Bill
DateTanggal waktu pengiriman barang, atau waktu dimana barang tersebut diterima TIKI
ServicePilihan jenis layanan yang digunakan untuk mengirim barang baik ONS (One Night Service) / REG (Reguler)
OriginMerupakan kota asal pengiriman barang
DestinationMerupakan kota tujuan pengiriman paket
Shipment HistoryRiwayat pengiriman yang dapat dilihat pada kolom shipment history
Date & TimeTanggal & jam pengiriman sesuai status tersebut
Shipment StatusStatus pengiriman barang
LocationsLokasi dari barang
RemarkKeterangan tambahan

Arti Status Pengiriman TIKI

Arti Status Pengiriman TIKI

Memahami istilah dan kode pengiriman TIKI menjadi modal awal jika kalian ingin bisa lebih paham arti status pengiriman TIKI. Nah bicara soal arti status pengiriman, tidak jauh berbeda dengan ARTI STATUS PENGIRIMAN NINJA XPRESS.

Baca  15 Arti Status Pengiriman Paxel, Istilah & Contoh No Resi

Arti status pengiriman TIKI juga bisa dibilang cukup lengkap dan detail. Selain memperlihatkan status terakhir, biasanya bila memang ada perubahan penjadwalan atau perubahan lainnya, akan otomatis langsung terlihat pada history pengiriman.

Nah buat kalian yang sering memakai jasa ekspedisi TIKI, maka berikut ini adalah detail lengkap arti status pengiriman TIKI untuk perlu kalian pahami dan juga pelajari.

Status PengirimanArti Status Pengiriman TIKI
Shipment Data EntryData pengiriman sudah dimasukkan kedalam database TIKI. Biasanya akan otomatis terjadi saat pengirim sudah memilih jenis layanan
ArriveBarang kiriman sudah dijemput keluar oleh mobil pengiriman di wilayah tersebut
Departed toBarang kiriman sudah diberangkatkan dari agen TIKI kota asal pengirim
Packing ListBarang kiriman sudah masuk tahap pengemasan & masuk dalam daftar pengiriman
TransitBarang sedang diproses untuk perpindahan (transit) ke kota tujuan paket sesuai alamat (biasanya terjadi di fasilitas TIKI di kota lain)
Arrived At DestinationPaket telah tiba di kota tujuan
With Delivery CourierBarang telah dibawa kurir TIKI untuk diantarkan ke alamat penerima
Success / RECEIVED BYBarang sudah sampai di alamat tujuan serta proses pengiriman telah selesai
ExceptionAdanya pergantian kurir pengiriman karena ada masalah di manajemen pengiriman TIKI.
FailedArti status pengiriman TIKI ini berarti barang kiriman gagal untuk dikirim. Hal ini biasanya terjadi karena ada beberapa alasan, baik alamat tidak lengkap, no hp penerima tidak aktif, atau tidak ada orang dirumah

Penjelasan Arti Status Pengiriman TIKI

Penjelasan Arti Status Pengiriman TIKI

Meski sudah ada tabel rincian arti status kiriman TIKI, namun terkadang ada pula beberapa status yang mungkin tidak spesifik termasuk seperti halnya arti eta di resi TIKI, Failed dex 02, consolidation TIKI dan lain sebagainya.

Baca  12 Cara Menambah Menu di GoBiz Lewat Fitur POS & Menu 2021

Untuk itu, dibawah ini ada beberapa penjelasan singkat terkait arti dan maksud dari status tersebut.

1. Arti Failed DEX 02 TIKI?

Maksud dari status tersebut yakni pengiriman atau penanganan paket akan dilakukan di hari kerja. Karena bila ada status tersebut, biasanya ada di luar jam kerja/libur.

2. Apa itu Arti Consolidation TIKI?

Maksudnya bahwa barang kiriman telah diberangkatkan atau sedang menuju ke kota tujuan. Biasanya dengan adanya status ini, tidak akan lama lagi paket sampai ke alamat tujuan dan bisa kita terima.

3. Arti Cancel Shipment TIKI

Jika kalian melihat status pengiriman TIKI seperti di atas, maka itu artinya barang kiriman dibatalkan pengirimannya karena masalah tertentu. Biasanya hal ini akan bisa di konfirmasi ke pihak TIKI langsung.

Akhir Kata

Seperti itu kiranya penjelasan lengkap dan detail terkait arti status pengiriman TIKI yang kali ini dapat infojek.com rangkum dan sampaikan. Semoga apa yang sudah kami jelaskan di atas bisa menjadi referensi yang menarik dan bisa membantu.