Kartu Multi Trip KRL 2022: Untuk Apa Saja & Apakah Bisa Ditukar?

Kartu Multi Trip KRL – Buat warga Jabodetabek tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis angkutan umum bernama Kereta Rel Listrik atau lebih familiar disebut dengan KRL, dimana alat transportasi tersebut dinilai jauh lebih efisien waktu. Untuk menikmati itu semua setiap pengguna diharuskan memiliki Kartu Multi Trip atau KMT yang mana merupakan produk resmi dari PT Kereta Commuter Indonesia dimana merupakan anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia.

Mungkin banyak pengguna KRL belum banyak yang mengetahui dengan apa itu Kartu Multi Trip KRL mulai dari cara mendapatkan seperti apa kegunaan untuk apa saja serta masih banyak lagi pertanyaan pertanyaan lainnya. Sebelum membahas lebih lanjut disini kami menyarankan sekali buat kalian semua untuk menyimak sampai selesai, pasalnya akan ada banyak informasi penting hendak kami sampaikan kepada kalian semua dan pastinya akan menambah wawasan bagi semua orang.

Dikutip langsung dari situs resminya dengan mempunyai kartu tersebut jelas lebih memudahkan untuk mendapatkan tiket ataupun antrian di loket dan selain itu juga pembayaran jelas lebih dipermudah dan cepat akan prosesnya. Adapun cara mendapatkan Kartu Multi Trip (KMT) bisa kunjungi langsung di beberapa loket antrian yang sudah disediakan, lalu berapa besar biaya yang dikenakan untuk mendapatkan? Setiap pengguna akan diberikan beberapa pilihan jenis kartu, masing masing dibanderol dengan harga berbeda pastinya.

Sebagaimana sudah dijelaskan tadi jika kartu tersebut tersedia tiga pilihan yang mana masing masing akan tersedia beberapa saldo dan untuk mengetahui lebih jelasnya nantinya kan kami sampaikan secara jelas dan detail. Perlu kalian ketahui meskipun ini sebuah kartu uang elektronik tetapi tidak semua bisa menggunakan KMT, sebab hanya beberapa merchant merchant tertentu saja yang bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu tersebut.

Kartu Multi Trip KRL

Sampai disini tentu banyak orang terutama yang sering menggunakan KRL penasaran sekali dan ingin mengetahui lebih detail akan kartu tersebut, maka dari itu pada kesempatan sangat baik ini kami akan informasikan secara jelas. Baiklah tanpa perlu menunggu lama lama lagi langsung saja simak ulasan dari Infojek.com mengenai pengertian dari Kartu Multi Trip KRL mulai dari cara dapatkan dan kegunaan yang sudah dipersiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

Apa Itu Kartu Multi Trip KRL

Sama seperti pembahasan sebelum sebelumnya pada poin pembahasan utama kali ini ialah apa itu Kartu Multi Trip KRL (Kereta Rel Listrik), memang hampir kebanyakan orang memang masih belum banyak tahu akan hal tersebut. Oleh karena itu untuk mengawalinya terlebih dahulu menjelaskan pengertian dari KMT KRL.

Jadi Kartu Multi Trip atau KRL adalah sebuah kartu elektronik resmi milik dari PT Kereta Commuter Indonesia dimana ditujukan kepada semua pengguna KRL, dengan adanya kartu tersebut memudahkan dalam melakukan pembelian tiket KRL. Pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan uang elektronik pada umumnya dimana bisa melakukan pembelian tiket Trans Jakarta, MRT dan transportasi umum lainnya.

Jenis Kartu Multi Trip KRL

Diatas memang sudah dijelaskan kepada kalian semua bahwa KMT terdapat beberapa jenis sudah tersedia, masing masing memiliki fungsi yang sama persis. Hanya saja untuk mendapatkan dibanderol dengan harga berbeda. Jika ingin mengetahui jenis apa saja, silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan sebagai berikut.

  • Kartu Multi Trip Reguler dibanderol dengan harga Rp 30.000, didalamnya sudah termasuk saldo kartu sebesar Rp 10.000.
  • Kartu Multi Trip X-PRESI dibanderol dengan harga Rp 50.000, didalamnya sudah termasuk saldo kartu sebesar Rp 15.000.
  • Kartu Multi Trip Special Edition dibanderol dengan harga Rp 50.000, didalamnya sterdapat saldo sebesar 15.000.

KMT KRL Untuk Apa Saja?

Mungkin banyak orang bertanya Kartu Multi Trip untuk apa saja, apakah bisa digunakan selayaknya sebuah kartu uang elektronik? Meskipun pada dasarnya fungsi utamanya untuk melakukan pembayaran secara daring, akan tetapi tidak semua bisa dilakukan menggunakan kartu tersebut.

Jadi pada intinya hanya bisa digunakan untuk pembayaran layanan KRL serta beberapa merchant yang sudah bekerja sama dengan pihak PT Kereta Commuter Indonesia. Sampai disini apakah kalian semua sudah paham dengan kegunaan dari KMT? Jika sudah maka lanjut ke pembahasan selanjutnya.

Apakah Bisa Ditukar

Banyak orang pengguna KMT mempertanyakan apakah bisa ditukar? Perihal pertanyaan seperti tersebut, disini kami akan mencoba menjelaskan kepada kalian semua. Jadi pada dasarnya kartu tersebut bisa kalian tukar diwaktu sekarang ini, berbeda dulu memang tidak bisa dilakukan.

Adapun dalam melakukan penukaran hanya bisa dilakukan lewat loket yang sudah tersedia, dimana prosesnya nanti sisa saldo bisa ditarik dan kartu akan dikembalikan. Hanya saja di kemudian hari tidak bisa digunakan lagi karena itu sudah menjadi ketentuan telah ditetapkan oleh pihaknya.

Namun sangat disarankan agar jangan ditukar, terlebih jika kalian sering menggunakan layanan tersebut. Apabila sudah jarang menggunakan lebih baik habiskan saldo didalamnya, lalu kartu di simpan karena kita tidak tahu apakah akan menggunakan lagi dalam waktu cepat atau waktu cukup lama.

Terlebih lagi kartu tersebut tidak ada masa aktifnya, selama terdapat saldo didalamnya maka KMT akan tetap bisa digunakan. Nah, itulah salah satu keuntungan yang bisa kalian dapatkan dan bahkan tidak hanya itu saja, masih banyak lagi lainnya.

Akhir Kata

Bila melihat dari penjelasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan dengan adanya Kartu Multi Trip KRL jelas memudahkan semua orang dalam melakukan pembelian tiket, selain itu juga dipermudah dalam pengisian saldo dan cek saldo. Nah seperti itulah kiranya pembahasan lengkap mengenai apa itu Kartu Multi Trip KRL dapat Infojek.com sampaikan, semoga saja informasi diatas bisa membantu semua orang sedang membutuhkan.