√ Jam Operasional MRT Jakarta Hari Ini & Jarak Keberangkatan

Jam Operasional MRT Jakarta – Sebagai salah satu negara berkembang, Indonesia terus mengubah sarana dan prasarana transportasi umum yang ada saat ini. Keberhasilan Indonesia membangun serta membuat saran transportasi berbasis kereta api cepat di Jakarta menjadi bukti bahwa pertumbuhan ekonomi tanah air semakin membaik.

Hadirnya rel angkutan cepat di Jakarta atau yang lebih kita kenal dengan MRT Jakarta sendiri menjadi panggung bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pengalaman menarik ketika bepergian. Jalur yang dibuat cukup menarik serta khusus ini memungkinkan perjalanan jauh lebih cepat sesuai dengan namanya.

Namun untuk dapat menggunakan moda transportasi cepat ini, tentu selain kalian tahu jadwal keberangkatan setiap stasiun / pos pemberhentian. Hal lain yang juga perlu di pahami ketika ingin menggunakan sarana transportasi umum terbaik di Jakarta ini yakni memahami dan mengetahui jam operasional MRT Jakarta.

Mengingat sejak pertama kali dioperasikan pada Maret 2019 lalu, sampai saat ini jam operasional MRT Jakarta terus mendapatkan pembaruan untuk menyesuaikan dengan berbagai macam hal. Maka dari itu, buat kalian yang mungkin akan menjadikan transportasi ini sebagai salah satu pilihan.

scarlet
Jam Operasional MRT Jakarta Hari Ini

Pastikan bahwa kalian tahu jam operasional serta jarak keberangkatan dan juga jam sibuk MRT Jakarta. Untuk itu setelah sebelumnya kami bahas tentang apa itu MRT, sesuai dengan judul di atas, kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang jam operasional MRT Jakarta terbaru dan juga jarak keberangkatan serta jam sibuk MRT Jakarta.

Mengenal MRT Jakarta

Yah, meski pada pembahasan lain kita sudah memberikan penjelasan rinci tentang apa itu MRT, namun tak ada salahnya jika kita sedikit bahas tentang MRT tersebut. Moda Raya Terpadu Jakarta atau disingkat MRT Jakarta / MRTJ adalah sistem transportasi rel angkutan cepat yang mulai dibangun sejak 2013 lalu dan pertama beroperasi pada Maret 2019.

Baca  6 Cara Mengubah Jam Operasional GoFood Terbaru 2022

Menjadi layanan transportasi umum yang dimiliki dan dikelola badan usaha milik daerah DKI Jakarta, PT MRT Jakarta (Perseroda). Setidaknya transportasi ini memiliki kelebihan yang baik dari sisi kecepatan perjalanan. Mengingat seperti kami singgung di atas, MRT ini dibuat di atas jalur khusus tanpa hambatan.

Sejak dirilis dan dioperasikannya MRT Jakarta sebagai transportasi umum, setidaknya sampai dengan saat ini ada banyak pelanggan yang mengatakan bahwa ini merupakan moda tranasportasi terbaik yang ada di tanah air. Cepat, murah dan nyaman tentu menjadi hal utama yang banyak di nilai pengguna.

Namun sekali lagi, selain hal tersebut. Jika memang kalian tertarik untuk mencoba menggunakan layanan umum transpotasi ini. Maka hal penting yang harus kalian ketahui yakni terkait jam operasional MRT Jakarta. Karena jam operasional pada hari kerja dan weekend ada perbedaan jam operasional & jarak keberangkatan.

Jam Operasional MRT Jakarta

Nah bicara tentang jam operasional MRT Jakarta. Belum lama ini atau tepatnya pada 18/5/2022 lalu, PT MRT Jakarta (Perseroda) kembali membuat dan melakukan perubahan kebijakan terkait waktu & jam operasional.

Penyesuaian jam operasional ini tak lain karena adanya kebijakan tentang keputusan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta tentang:

Petunjuk Teknis Pengaturan Kapasitas Angkut dan Waktu Operasional Sarana Transportasi Pada Masa Pemberlakuan Pembatas Kegiatan (PPKM) Level 2.

Yang mana, adanya peraturan tersebut membuat PT MRT Jakarta membuat perubahan jam operasional MRT Jakarta yang dibagi menjadi dua kategori yakni kategori hari kerja (Senin-Jumat) dan Weekend (Sabtu – Minggu).

Adapun detail lengkap jam operasional tersebut dapat kalian lihat pada tabel berikut ini.

HariJam Operasional
Senin05.00 s/d 23.00 WIB
Selasa05.00 s/d 23.00 WIB
Rabu05.00 s/d 23.00 WIB
Kamis05.00 s/d 23.00 WIB
Jumat05.00 s/d 23.00 WIB
Sabtu06.00 s/d 23.00 WIB
Minggu06.00 s/d 23.00 WIB

Jam operasional bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan peraturan pemerintah daerah Provinsi DKI Jakarta.

Jarak Keberangkatan MRT

Nah setelah kalian tahu jam operasional MRT Jakarta terbaru seperti kami jelaskan di atas. Hal lain yang juga patut untuk dipahami ketika ingin menggunakan moda transportasi umum satu ini yakni terkait jarak keberangkatan MRT.

Baca  Jam Kerja Kurir Anteraja Pengiriman, Pick Up & Jadwal Libur 2022

Dan dalam hal ini, PT MRT Jakarta (Perseroda) pun membuat pembeda pada hari kerja dan weekend. Untuk detail lengkapnya bisa kalian lihat pada tabel di bawah ini.

HariJarak Keberangkatan Antar Kereta
Weekdays (Senin – Jumat)Tiap 5 menit pada jam sibuk*
Weekdays (Senin – Jumat)Tiap 10 menit diluar jam sibuk*
Weekend (Sabtu – Minggu)Tiap 10 menit flat
Hari LiburTiap 10 menit flat

Jam Sibuk MRT dapat dilihat pada penjelasan dibawah.

Jam Sibuk Keberangkatan MRT

Dari tabel jarak keberangkatan MRT Jakarta di atas, kita bisa lihat bahwa di pembagian jarak keberangkatan ini akan dikategorikan ke dalam dua jenis berbeda yakni jam normal dan jam sibuk.

Nah pertanyaannya, kapan jam sibuk MRT Jakarta itu terjadi? Untuk kalian yang masih belum tahu, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Pagi

Jam sibuk keberangkatan MRT Jakarta di pagi hari akan di mulai pukul 7.00 s/d 9.00 WIB. Kenapa dikatakan jam sibuk? karena pada jam-jam tersebut banyak pelanggan mulai beraktivitas, dari berangkat sekolah hingga pergi ke kantor untuk bekerja.

Sore

Selain pagi, pembagian jam sibuk juga dilakukan pada sore hari. Dimana untuk jam sibuk MRT Jakarta di sore hari akan selalu terjadi pada pukul 17.00 s/d 19.00 WIB. Dimana pada jam ini banyak para pekerja kantoran pulang.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya penjelasan lengkap yang kali ini dapat infojek.com rangkum serta sampaikan pada kesempatan kali ini terkait jam operasional MRT Jakarta serta jarak keberangkatan tiap MRT Jakarta. Semoga apa yang telah kami bagikan bisa membantu.

Sumber Gambar: unsplash.com