20 Arti Status Pengiriman POS Indonesia & Penerimaan Paket

Arti Status Pengiriman POS Indonesia – Meski kini ada cukup banyak jasa pengiriman yang bisa kita andalkan. Namun POS Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1995 silam masih tetap bisa menjadi pilihan terbaik saat kalian ingin mengirim barang antar kota atau antar provisini.

Tarif yang murah merupakan salah satu alasan mengapa POS Indonesia masih tetap bisa diandalkan. Di samping itu, pendistribusian paket dan barang kiriman pun tergolong sangat cepat, hal ini tentu saja tak terlepas dari begitu banyaknya kantor POS yang ada di berbagai wilayah di Indonesia.

Namun bukan akan membahas mengenai layanan yang ada pada jasa pengiriman POS Indonesia. Melainkan seperti yang tertulis pada judul di atas, kali ini infojek akan membagikan secara detail dan rinci tentang arti dan urutan status pengiriman POS Indonesia.

Karena, meski merupakan salah satu jasa pengiriman paket tertua di tanah air. Nyatanya masih ada beberapa pengguna yang belum tahu apa saja arti status pengiriman POS Indonesia. Status-status yang infojek maksud disini adalah status yang akan muncul dan terlihat di saat kalian melakukan cek resi POS Indonesia.

Arti Status Pengiriman POS Indonesia dan Urutan Pengiriman

Tidak kalah saing dari para kompetitor yang ada, POS Indonesia juga memiliki nomor resi pengiriman yang akan dapat digunakan untuk pelacakan guna mengetahui lokasi terakhir dimana paket tersebut berada. Jadi buat kalian yang saat ini sedang menggunakan jasa pengiriman POS dan ingin mengetahui arti status pengirimannya berikut penjelasannya.

Contoh Status Pengiriman POS Indonesia

Ada beberapa hal penting yang memang harus diketahui setiap pengguna pengiriman POS agar mereka bisa dengan mudah mengetahui keberadaan paket yang dikirim ataupun ditunggu. Tentunya selain memahami arti status pengiriman.

Baca  35 Arti Kode Tracking Wahana & Istilah Pengiriman 2021

Kalian juga harus paham dengan tampilan status cek resi POS Indonesia. Maka dari itu sebelum kita gali lebih dalam tentang urutan status pengiriman POS Indonesia, berikut adalah contoh tampilan hasil pelacakan atau pengecekan resi POS Indonesia.

Contoh Status Pengiriman POS Indonesia

Urutan & Arti Status Pengiriman POS Indonesia

Arti Status Pengiriman POS Indonesia dan Urutan Pengiriman

POS Indonesia memberi kemudahan bagi setiap pengguna ketika ingin melakukan pengiriman paket dan barang baik antar kota, provinsi atau bahkan antar pulau dan antar negara. Hal tersebut karena POS Indonesia juga memiliki beberapa fasilitas layanan pengiriman yang bisa diandalkan.

Beberapa jenis layanan bisa kalian dapat meliputi :

  1. Layanan Pengiriman Pos Express.
  2. Layanan Pengiriman Pos Kilat Khusus.
  3. Layanan Pengiriman Pos Jumbo Ekonomi.
  4. Layanan Pengiriman Kurir Reguler.
  5. Layanan Pengiriman QComm.
  6. Layanan Pengiriman Q9 (Kyu Nain) Sameday Service. 

Dari banyaknya jenis layanan pengiriman tersebut, semua urutan status pengiriman tetap sama dan tentu saja punya arti yang tidak berbeda jauh dari ARTI STATUS PENGIRIMAN TIKI atau jasa ekspedisi lainnya.

Hanya saja mungkin buat kalian yang baru menggunakan dan baru melihat status pengiriman saat cek resi POS Indonesia tersebut. Sepertinya akan merasa bingung, oleh karena itu, di bawah ini akan kami jelaskan secara rinci urutan dan arti status pengiriman POS Indonesia.

Status PengirimanArti Status Pengiriman
Penerimaan di loket : [nama kantor / agen pos]Artinya paket dikirim sudah terdaftar di kantor / agen POS penerimaan. Saat status ini muncul pengirim juga mendapatkan nomor resi.
Diteruskan ke Hub [nama kantor pos]Paket akan dikirim ke gudang kantor pos kota pengiriman.
Tiba di Hub [nama kantor pos]Paket telah sampai di gudang kota pengiriman dan akan segera dikirim ulang ke gudang kantor pos penerima
Diteruskan ke Kantor Antaran [nama kantor pos]Arti status ini yaitu barang kiriman akan didistribusikan ke gudang kantor pos paling dekat dengan alamat penerima.
Tiba di Kantor Antaran [nama kantor pos]Barang kiriman sudah tiba di gudang kantor pos terdekat dari alamat penerima.
Proses Antar [nama kantor pos]Proses kiriman sedang diantar ke alamat penerima oleh kurir pengantaran.
Selesai Antar di [nama kota] Diterima oleh [nama / status penerima]Artinya paket telah sampai dan diterima sesuai alamat tujuan disertai dengan nama penerima.

Dari detail arti status pengiriman POS Indonesia di atas, bisa terlihat bawa setiap status akan selalu dilengkapi dengan nama kantor pos / agen. Dengan begitu proses pelacakan pun akan lebih mudah dipahami sehingga kalian pun akan dapat dengan mudah memperkirakan sampainya paket.

Baca  17 Arti Status Pengiriman Ninja Xpress, Istilah & Contoh Resi

Arti Status Penerimaan Paket POS

Arti Status Penerimaan Paket POS

Selain status pengiriman, seperti terlihat pada tabel di atas, setiap proses pengiriman telah berhasil diselesaikan dan juga sudah berhasil diterima. Maka akan ada detail penerima paket. Dan biasanya disitu juga akan ditulis info penerima secara lengkap baik itu diri sendiri, orang lain, atau saudara.

Untuk melengkapi informasi yang satu ini, berikut akan infojek jelaskan pula beberapa artis status penerimaan paket POS Indonesia.

StatusArti
Diri SendiriTandanya paket diterima oleh orang yang bersangkutan atau sesuai dengan nama penerima di paketan.
Orang SerumahArtinya paket berhasil diterima oleh sanak saudara, baik kakak atau adik atau bahkan orang tua satu rumah dengan kalian.
ReceptionistSeperti namanya, artinya paket terkirim sesuai alamat namun penerima adalah receptionist. Dan biasanya ini hanya akan tertulis jika kiriman di tujukan ke kantor/apartment.
Yang Diberi KuasaBiasanya paket diberikan ke orang tertentu sesuai dengan perintah dari pengirim.
Mail roomKiriman diterima oleh petugas mailroom.
Rekan kerja/ PegawaiKiriman telah diserahkan ke rekan kerja / pegawai satu kantor.
PembantuSering juga penerimaan paket di serahkan ke pekerja rumah tangga.
Petugas PO BoxJika menggunakan fasilitas PO Box, maka paket akan diserahkan ke petugas PO Box setempat.

Arti Status Pengiriman POS Gagal

Arti Status Pengiriman POS Gagal

Tidak jauh berbeda dengan ARTI STATUS PENGIRIMAN SICEPAT atau JNE, terkadang barang kiriman yang menggunakan jasa POS Indonesia juga akan mengalami teknis sehingga status akan berubah menjadi gagal.

Nah status-status gagal dalam pengiriman POS Indonesia sendiri akan disesuaikan dengan kondisi yang ada. Maka jangan heran jika status gagal tersebut berbeda-beda. Jika ingin mengetahui arti status gagal tersebut, mari lihat detailnya di bawah ini.

  • Alamat Tidak Jelas : artinya alamat yang tertulis pada paket tidak jelas bahkan tidak ada alamat tersebut di sekitar wilayah penerimaan.
  • Rumah Kosong : Biasanya paket telah diantar kerumah namun yang bersangkutan tidak ada atau bahkan rumah tetap dalam keadaan kosong sehingga tidak ada yang menerimanya.
  • Penerima Tidak dikenal : Tidak ada yang mengenal penerima meskipun sudah sampai di alamat tujuan juga menjadikan paket kiriman gagal dengan status penerima tidak dikenal. Biasanya paket akan dibawa kembali oleh kurir POS.
  • Ditolak : Penolakan juga seringkali terjadi ketika paket dikirim sudah sesuai alamat namun penerima memberikan alasan termasuk salah alamat atau lainnya.
  • Pindah Alamat : Gagalnya pengiriman paket POS Indonesia juga bisa terjadi karena penerima di alamat tertuju sudah pindah.
Baca  15 Arti Status Pengiriman Paxel, Istilah & Contoh No Resi

Akhir Kata

Demikian informasi yang mungkin bisa menjadi referensi dan juga menjadi gambaran bagaimana mudahnya memahami arti status pengiriman POS Indonesia. Jadi bagi kalian yang memang tertarik menggunakan POS untuk pengiriman barang, simak dan pahami apa yang sudah infojek.com tulis di atas.