7 Cara Cancel Grab Untuk Driver Agar Rating Tetap Aman

Cara Cancel Grab – Saat ini banyak pengemudi Grab yang tersebar di seluruh Indonesia. Memang driver menjadi pilihan profesi sebagian orang karena penghasilan Grab cukup menjanjikan. Namun menjadi driver Grab juga wajib memperhatikan rating sebagai bentuk pelayanan prima untuk konsumen. Banyak driver berlomba lomba menaikkan rating agar tetap bisa bertahan dari persaingan.

Masalah yang dihadapi driver juga beragam mulai komplain dari konsumen, aplikasi error, kesalahan lokasi, kendaraan mogok dan lain sebagainya. Kadang masalah tersebut memaksa driver untuk melakukan pembatalan order Grab. Jika terjadi cancel Grab order maka konsekuensi yang harus ditanggung adalah terkena sanksi atau bahkan akun terkena suspend.

Oleh karena itu sebagai driver Grab jarang melakukan cancel order karena dapat mengurangi rating yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Jika terpaksa cancel Grab order maka harus dilakukan dengan beberapa cara khusus. Nah cara cancel Grab bisa dilakukan secara langsung melalui aplikasi Grab Driver. Namun perlu diperhatikan bahwa cara cancel Grab juga harus dilakukan dengan hati hati.

Agar akun driver juga aman maka cara cancel Grab wajib diperhatikan satu per satu prosesnya. Driver juga dapat menanyakan nya ke Call Center Grab atau mendatangi alamat kantor Grab terdekat untuk informasi detailnya. Cara cancel Grab dapat dilakukan sewaktu waktu dengan tahap serta proses yang sama. Namun usahakan minimalisir cancel order karena bisa berpengaruh pada rating anda.

Cara Cancel Grab

Cara Cancel Grab

Cara Cancel Grab

Terkadang memang pengemudi Grab memiliki rencana perjalanan berbeda yang akhirnya memaksa pembatalan pesanan terkonfirmasi. Oleh karena itu kami akan memberikan informasi seputar cara cancel Grab untuk meminimalkan pembatalan order sehingga rating dapat terjaga, serta paling penting supaya penumpang tak memberi keluhan terhadap pelayanan anda.

Baca  12 Cara Cepat Dapat Orderan Gojek Terbaru 2018

A.Cara Cancel Grab Yang Aman

1.Buka Aplikasi Grab Driver lalu Masuk halaman “Telah dikonfirmasi”

2.Silahkan tap rute yang sudah dikonfirmasi seperti gambar dibawah ini

Halaman Telah Dikonfirmasi

Halaman Telah Dikonfirmasi

3.Tap atau scroll keatas pada nama penumpang

Laman Penumpang

Laman Penumpang

4.Tap icon pesan lalu kirim pesan pembatalan kepada penumpang secepat mungkin. Silahkan minta maaf kepada penumpang dengan bahasa yang sopan dan jelas. Anda juga bisa tap icon telepon untuk menghubungi penumpang secara langsung. Lebih maksimal apabila anda menelpon agar konsumen lebih merasa dihargai

5.Sesudah melakukan komunikasi dengan penumpang maka silahkan tap “Batalkan Pemesanan”.

Proses Cancel Grab

Proses Cancel Grab

6.Muncul dialog box, silahkan pilih alasan mengapa anda membatalkan perjalanan. Jika ada pada dialog box maka silahkan pilih, namun jika alasan anda berbeda maka silahkan ketikkan pada textbox. Berikan alasan sesuai realita dengan jujur.

7.Tap “Konfirmasi” maka proses cancel order Gran akan dilakukan

Konfirmasi Cancel Grab

Konfirmasi Cancel Grab

B.Penyebab Cancel Grab

Memang ada berbagai alasan mengapa driver melakukan cara cancel Grab diatas, tentunya semua faktor bisa berpengaruh. Pada dialog box masalah yang sering dijumpai meliputi

  • Penumpang tak kunjung muncul
  • Tidak dapat menemukan lokasi pada maps
  • Kendaraan mengalami mogok
  • Jadwal driver berubah.

Diatas memang alasan paling sering digunakan, namun anda dapat memberikan alasan lain sesuai kondisi di lapangan. Karena nyatanya ada berbagai masalah yang dihadapi meliputi aplikasi error, kesalahan ambil order, maps error dan masih banyak lain nya. Namun perlu diperhatikan bahwasanya setiap pembatalan akan diperiksa detailnya oleh pihak Grab.

C.Akibat Cancel Grab

Tim Grab akan selalu melakukan evaluasi perjalanan yang anda lakukan setiap hari nya. Apabila terlalu banyak melakukan pembatalan pesanan maka pihak Grab akan memberikan sanksi atau tindakan. Jadi lebih baik anda pertimbangkan matang matang agar tidak sembarang melakukan pembatalan pesanan Grab.

Baca  6 Cara Top Up Grabpay 2018 Terlengkap Cepat Dan Mudah

D.Tips Agar Terhindar Dari Cancel Grab

  • Semua calon penumpang pada aplikasi tidak harus diterima pesanan nya.
  • Pertimbangkan tanggal, jam dan rute perjalanan kemudian pilih yang cocok dengan anda
  • Jika merasa ragu dengan detail perjalanan calon penumpang maka jangan terima order
  • Penumpang yang muncul pada aplikasi bukan untuk bahan rebutan karena jumlahnya akan selalu bertambah tiap hari nya
  • Calon penumpang sudah diberikan edukasi sama untuk meminimalisir cancel Grab tanpa alasan.

Memang sebagai driver anda harus mempertimbangkan dengan matang serta selektif dalam memilih penumpang. Anda harus benar benar memperhatikan kemampuan, waktu kerja, kondisi, rute perjalanan dan kendala di lapangan. Jika terpaksa melakukan cancel Grab maka bisa mengikuti cara diatas sehingga kredibilitas serta rating anda akan tetap terjaga.